Tuesday, March 01, 2011

Sedap Harap Pada Yesus

Acara Vesper dimulai tepat jam 19.30. Pdt. Sonny Kapitan sebagai pembawa acara mengundang semua jemaat untuk menyanyikan lagu sion nomor 129 “ Sedap Harap Pada Yesus“ sebagai lagu pembukaan diiringi musik oleh Timothy. Doa Buka oleh ibu Yunita Wuisan. Pdt Sonny mengundang Lagu pujian dibawakan oleh ‘semua yang berkaca mata’ dengan judul “Ada Negri Amat Indah” lagu sion nomor 223. Dan Firman Tuhan dibawakan oleh bapak Vertin Tobing.

Firman Tuhan malam ini menekankan bahwa, sering
kali kita memiliki pengharapan yang begitu besar, namun kenyataan yang terjadi adalah berbeda. Sama seperti ilustrasi ini, yaitu ada seorang pemuda yang menaruh harap kepada seorang wanita. Ketika suatu malam wanita ini mengundang dia untuk makan malam bersama di rumah wanita ini, dia begitu senang. Pemuda ini membuat suatu rencana agar pertemuan makan malam ini menjadi suatu waktu yang indah dan menyenangkan baginya. Dia merencanakan hal yang akan dia lakukan yaitu, ketika dia datang dia akan disambut oleh wanita itu dengan pelukan, dan ketika masuk kedalam rumah dia akan memberi hadiah dan wanita ini juga akan menciumnya dan mengucapkan terima kasih, dan dia akan diperkenalkan dengan teman-teman wanita tersebut dan akhirnya mereka berdua akan makan dilantai atas sambil memandang ke luar kaca dengan romantis. Namun ketika saatnya tiba kenyataan yang terjadi adalah sebaliknya. Dia kecewa karena gadis ini menyambut dia tapi kemudian tidak menghiraukannya dan ternyata ditangan gadis ini juga sudah ada cincin. Dia berlari dan dia sangat kecewa. Demikianlah dalam kehidupan kita. Sering kita memiliki harapan-harapan, namun kenyataan tidak selalu sama seperti yang kita inginkan. Sama seperti nabi Samuel, ketika akan memilih dan mengurapi raja untuk Israel, Ananias dan Safira yang ingin hidup makmur ternyata dia mati, dan contoh lainnya. Perasaan yang terjadi adalah kecewa. Namun sebagai umat Tuhan kita harus senantiasa percaya dan berharap kepada Allah, sehingga kita tidak akan kecewa. Allah punya rencana yang baik bagi setiap orang orang yang setia dan yang percaya padaNya. Matius 6 : 25 – 32 menyatakan, …Bapa yang disorga tahu akan segala keperluan kita. Amin.

U
ntuk meng-aminkan Firman Tuhan jemaat menyanyikan lagu sion nomor 180 “ Ku Harap PadaMu “ dan doa penutup oleh bapak Vertin. Acara Vesper diakhiri dengan membentuk lingkaran di luar gereja sambil berpegangan tangan dengan mengucapkan yel-yel….. Selamat Sabat 3x… Tuhan Memberkati. ..Halleluya.. Amin sampai ketemu esok Sabat.

-Mei-