Friday, March 25, 2011

Kuasa Memilih

Acara Vesper dimulai tepat jam 19.30. Untuk memulai Acara kebaktian bapak Munas Tambunan mengundang semua jemaat untuk menyanyikan lagu sion nomor 187 “ Tiap Jam “ sebagai lagu pembukaan kemudian diikuti dengan doa buka. Lagu special dibawakan oleh keluarga bapak Dharlen Simanjuntak . Dan Firman Tuhan dibawakan oleh bapak Sontani Purnama.

Firman Tuhan malam ini menekankan, bahwa Allah sebagai pencipta memberikan kuasa untuk memilih kepada manusia karena, manusia telah diberikan Allah pikiran, akal budi pertimbangan dan kebijaksanaan. Dan jawaban atas pilihan itu memberikan jawaban yaitu, ya atau tidak / hidup atau mati. Sejak awal manusia yang diciptakan Allah telah diberikan kuasa untuk memilih, dan kepada manusia pertama yaitu Adam dan Hawa Allah pun telah memberikannya. Allah tidak menghalangi Hawa untuk memakan buah larangan itu merupakan suatu pilihan baginya, karena Allah telah memberitahukannya terlebih dahulu kepada Adam dan Hawa. Tetapi Hawa tidak mengindahkannya dan lebih tertarik akan perkataan Si Ular. Begitu pula dengan Daud, dia lebih mengikuti keinginan hatinya dalam mengambil suatu keputusan. Dan dia mengikuti naluri hatinya yang jahat dan akhirnya membuat rencana jahat untuk mengambil istri orang lain menjadi istrinya. Kadang kala sering kitapun demikian. Seringkali kita mengambil suatu keputusan dengan memilih jawaban yang sesuai dengan apa yang kita inginkan bukan dengan apa yang Tuhan inginkan. Kita tidak meminta petunjuk Tuhan. Sehingga seringkali juga kita salah dalam mengambil keputusan-keputusan yang penting didalam kehidupan kita. Kita haruslah menyadari bahwa, segala sesuatu keputusan yang kita ambil atau pilih akan menentukan kehidupan kita nantinya ketika Yesus datang. Apakah kita akan ikut Tuhan nantinya atau kita mengikut Setan. Itu semua tergantung kepada kita. Apabila setiap umat Tuhan menyerahkan pilihannya, pikirannya dan pertimbangannya kepada tuntunan Roh Allah, maka Allah akan menolong dengan memberikan kebijaksanaan menentukan pilihan dan akan membantu kita untuk memilih yang baik dan yang sesuai dengan Kehendak Allah, yang akan membawa kita kepada kehidupan yang kekal nantinya di dalam kerajaan surga. Amin.

Untuk meng-aminkan Firman Tuhan jemaat menyanyikan pujian nomor 50 “ Hiduplah Dalam Aku ‘ dan doa penutup oleh bapak Sontani. Acara Vesper diakhiri dengan membentuk lingkaran di luar gereja sambil berpegangan tangan dengan mengucapkan yel-yel….. Selamat Sabat 3x… Tuhan Memberkati. ..Halleluya.. Amin sampai ketemu Sabat pagi di Gereja.

-Mei-