Tuesday, March 29, 2011

Pelayanan Masyarakat - Kemang Pratama & Tebet

Suasana pelmas charity clinic kali ini agak berbeda dari sebelumnya. Para Panitia charity clinic sebagian besar menggunakan seragam pathfinder type A dan kaos DKI plus kacu. Memang di spanduk yang terpapang di dinding area tertulis "Bakti sosial pengobatan gratis Pathfinder Kemang Pratama - Tebet.

Acara dibuka oleh Bp. Amat Bani selaku RW 01 dengan mengatakan bahwa kiranya warga disini dapat memanfaatkan moment ini dengan baik dari pagi hingga sore nanti. Namun sebelumnya panitia berkumpul sedikit briefing oleh MG Annie Simanjuntak selaku ketua pelaksana dilanjutkan doa buka oleh Pdt. Sopar Situmorang.

Kerjasama bakti sosial Kemang Pratama - Tebet ini diadakan di rumah kel. Bapak Dumaliling di daerah Lubang Buaya Pondok Gede. Tempat ini biasa digunakan untuk cabang UKSS Tebet dengan anggota 40 orang. Hingga saat ini KPA di daerah Lubang Buaya masih berjalan, dan ada satu kesaksian dari seorang Bapak pemeluk agama Khatolik bahwa beliau sudah 4 tahun bergabung dengan KPA rumah keluarga bapak Dumaliling, sangat menyenangkan dan meningkatkan iman.

Dokter yang berpartisipasi dalam charity clinic ini yaitu dr. Dora, dr. Connie, dr. Paskario, dr. Ragam Mangunsong, dr. Sofie Simanjuntak, drg. Elisabeth Siburian, dan bidan Ny. E Sijabat. Mereka telah meluangkan waktu untuk memberikan pelayanan pengobatan cuma-cuma pada hari libur yang seyogyanya mereka dalam berkumpul bersama keluarga.

Sambil menunggu panggilan untuk pemeriksaan darah dan konsultasi dengan dokter, pdt. Mamahit memberikan seminar tentang pola hidup sehat "Newstart". Seminar dibawakan dengan bahasa yang sederhana sehingga mudah dimengerti kaum awam.

Pelayanan mencakup pemeriksaan darah untuk gula darah, asam urat, kolesterol dan trigliserida. Pemeriksaan bidan bukan hanya pemeriksaan kandungan saja, bidan juga melayani suntik KB dan test kehamilan. Selain itu, kami juga membagikan buah tangan saat mereka pulang.

Jumlah warga yang datang 315 orang dari mulai bayi hingga lansia, pasien tertua berusia 90 tahun. Dari yang tidak berpenyakit sampai kepada yang menggunakan kursi roda bahkan yng sulit berjalan. Mereka keluar dengan wajah berseri-seri dari pos terakhir conseling dan farmasi sambil membawa obat.

Anak-anak muda tebet dan kemang dibagian pendaftaran dengan penuh senyum mendata para pengunjung. Pengukuran berat badan dan tensi ditangani dengan penuh kelembutan. Di bagian laboratorium anak-anak muda mengambil darah para pasien sambil berbincang-bincang agar pasien tidak merasakan sakit. Setelah itu kemudian pasien menunggu antrian dokter, yang dipandu oleh Bapak Ramlan Sormin.

Bagian farmasi tak kalah sibuk mempersiapkan obat-obatan, sambil menunggu obat-obatan pasien dapat konsultasi untuk masalah non medis dengan ibu Yunita, pdt Sopar Situmorang, pdt Mamahit, pdt Saiman Saragih.

Acara ditutup dengan kata-kata sambutan dari bapak Pdt. Siagian, bapak Sondakh, bapak David Tampubolon dan lagu spesial dari bapak Rainhart jemaat Tebet yang baru dibabtis berduet dengan Natalia.

-Annie Ws-