Saturday, March 07, 2009

Roh Kudus Mendoakan Kita

Roma 8:26 “Demikian juga Roh membantu kita dalam kelemahan kita; sebab kita tidak tahu, bagaimana sebenarnya harus berdoa; tetapi Roh sendiri berdoa untuk kita kepada Allah dengan keluhan-keluhan yang tidak terucapkan.”




Kami masih tinggal bersama orang tua ketika kami baru menikah hingga kelahiran anak pertama. Semua yang menyangkut biaya memang menjadi lebih ringan. Kedua orang tua sayapun sama sekali tidak keberatan, bahkan mereka senang sekali karena kami bisa menemani mereka. Apalagi ketika saya bisa langsung mendapatkan anak, kebahagiaan mereka sebagai orangtua terasa begitu lengkap karena ada cucu yang menjadi sukacita untuk mereka. Semua yang kami dapatkan bukanlah tidak saya syukuri. Tetapi jauh di dalam hati, saya juga ingin belajar untuk hidup mandiri. Satu sore ketika saya sedang menemani si kecil tidur, saya berdoa kepada Tuhan, "Ya Tuhan..., jika Engkau berkenan saya ingin agar jika diberi kesempatan memiliki adik untuk si sulung ini, biarlah kami sudah bisa memiliki rumah sendiri, agar hamba memiliki kesempatan untuk bisa belajar hidup mandiri dan belajar untuk bekerja sama dengan baik di dalam rumah tangga."

Tahun berganti tahun, akhirnya kami bisa mendapatkan kesempatan untuk memiliki rumah sendiri seperti yang kami impikan. Dan pada satu hari…“ Ibu Positif hamil... !”, kata petugas laboratorium ketika menyerahkan hasil pemeriksaan kehamilan kepada saya. Saya senang sekali mendengarnya, terimakasih Tuhan karena Engkau memberi kesempatan kembali kepada hamba untuk memiliki keturunan lagi ! Engkau mendengar apa yang sudah hamba sampaikan. Apa yang kami impikan selama ini bisa terwujud. Saya tidak menyangka jika hal ini begitu cepat terjadi, walaupun kami harus menunggu beberapa saat. Tuhan mendengar dan menjawab doa kami pada waktuNya. Waktu itu saya berdoa hanya sebatas pikiran dan harapan-harapan saya yang baik untuk kehidupan saya selanjutnya. Saya percaya Roh Kudus bekerja untuk menyampaikannya kepada Allah.

Pada pagi yang indah ini, ayat renungan kita mengatakan bahwa Roh Kudus berdoa untuk kita kepada Allah. Kadang-kadang kita memiliki keinginan yang mau kita sampaikan kepada Allah, namun kita tidak tahu bagaimana mengucapkannya. Mungkin hanya sebatas keluhan yang tidak terucap dengan kata-kata dan hanya ada di dalam hati. Roh Kudus mendengar kata hati kita dan Dia akan menyampaikan kepada Allah. Marilah kita menjaga pikiran kita kepada hal-hal yang baik, agar itu menjadi doa yang disampaikan Roh Kudus kepada Allah, dan kita akan menerima jawaban dari Allah.

May God shower His abundant blessings to us !