Tuesday, March 31, 2009

Sekolah Sabat Bersama Tim RSA Bandung

Hari Sabat 28 Maret hampir menujukkan pukul 08:30 pagi. Di luar cuaca sangat cerah dan kicauan burung terdengar dari bawah kerindangan pohon-pohon yang mengelilingi pekarangan gereja. Rombongan tamu-tamu dari Rumah Sakit Advent Bandung di bawah pimpinan Dr. Jay Tombokan telah tiba tepat waktu dan siap untuk mengisi acara di Sabat pagi yang indah. Dengan sigap Bruce Sumendap dan teman-teman dari RSA Bandung mempersiapkan beberapa hal di ruang kontrol audio, dibantu oleh beberapa anggota diakon. Acara Sekolah Sabat berjalan tepat waktu. Bruce bersama dengan delapan orang teman-teman yang tergabung dalam Vocal Group The Promise membawakan sebuah lagu “He Still Speaks” dengan merdu. Lagu ini menceritakan bahwa Tuhan tetap berbicara kepada umat-umatNya.

Pada jam pelajaran Sekolah Sabat, kita berpisah dalam UKSS masing-masing. UKSS Kemang Pratama 1, 3 dan Rawa Lumbu mendapat kesempatan baik untuk mendiskusikan pelajaran Sekolah Sabat yang dipimpin oleh Dr. Jay Tombokan. Mengawali diskusi pagi itu, Dr. Jay mengatakan Alkitab memiliki otoritas untuk menuntun, mengajar dan menolong umat Tuhan untuk berada dalam jalan menuju ke surga. Namun berdasarkan riset dari sebuah lembaga penelitian didapatkan kesimpulan bahwa umat Advent masih perlu bergiat lagi dalam mempelajari Alkitab. Dan General Conference telah meluncurkan program “Follow The Bible”. Kita diajak untuk bergiat mempelajari alkitab setiap hari. “Bagaimana kita bisa belajar alkitab dengan baik setiap hari ? Nyonya White menganjurkan agar kita menggunakan waktu 1 jam setiap hari untuk belajar alkitab. Agar kita bisa belajar alkitab dengan baik, dan pikiran kita tidak terganggu oleh hal-hal yang lain, sebaiknya kita mencari tempat yang nyaman dan tenang dalam rumah kita untuk belajar alkitab. Kita akan sulit untuk belajar alkitab dengan baik, kalau ada televisi yang menyala, atau komputer di depan kita. Kita mesti mencari tempat yang tenang.”, kata Dr. Jay menjelaskan.

Kita perlu menyelami alkitab. Seperti seorang penyelam, dia tidak hanya berada di permukaan air, tetap masuk ke dalam air, meninjau semua pelosok-pelosok di dalam laut, bahkan hingga ke dasar laut. Di bawah laut akan ditemukan keindahan-keindahan isi laut, yang dinikmati oleh penyelam. Keindahan alkitab, bisa kita dapatkan bila kita menyelami alkitab. Bila kita belum paham akan satu ayat, kita dalami terus, selidiki terus ayat tersebut, dan hubungannya dengan ayat yang lain, hingga kita menemukan pelajaran yang indah untuk kehidupan kita.”, lanjut Dr. Jay mengajak kita untuk menyelami alkitab saat kita mempelajarinya. Bapak Hendra Tampubolon memberikan kesaksian tentang alkitab yang mengubah kehidupan dalam diri seseorang. Bapak Jeffry Eman mengatakan, “Apabila kita merasakan kebahagiaan setelah kita membaca alkitab, berarti kita telah mempelajari alkitab dengan baik dan menemukan keindahannya.” Kita diajak untuk mempelajari alkitab dan tulisan para nabi-nabi yang telah mendapatkan karunia dari Tuhan untuk memberitakan pekabaran yang baik. Sementara di UKSS Pemuda, Pendeta Supriyono Sarjono memimpin diskusi dengan semangat. Pemuda-pemudi juga giat mengikuti diskusi dengan melontarkan pertanyaan dan masukan-masukan. Di akhir jam pelajaran Sekolah Sabat, semua bersukacita untuk pelajaran Sekolah Sabat yang baik sepanjang kwartal pertama ini.