Monday, March 09, 2009

Tujuh Kunci Keberhasilan

Lagu “Berkat Yang Tentu Tuhan Janji” mengawali perbaktian Vesper pada hari Jumat, 6 Maret 2009. Kemudian disusul dengan doa pembukaan yang dilayangkan oleh Vira, sebagai pemimpin acara. Sebelum Bapak Mulana Simanjuntak membawakan renungan pembukaan Sabat, keluarga Ricky Tambunan melantunkan lagu pujian yang berjudul “Ku Srahkan Hidupku”.

Dalam renungan pembukaan sabat ini, Bapak Mulana membawakan nasihat dari orang yang paling bijaksana, yaitu raja Salomo. “Tujuh Kunci Kepada Keberhasilan”, itulah topik pembahasannya. Ketujuh kunci itu meliputi (1) Bersandar kepada Tuhan, dalam Amsal 3:5-6, (2) Rajin dan cekatan, dalam Amsal 10:4 dan Amsal 11:13, (3) Cari dan gunakanlah pengetahuan, dalam Amsal 19:2 dan 20, (4) Kejujuran adalah harta yang tidak dapat dicuri, dalam Amsal 10:16, (5) Kekanglah mulut anda, dalam Amsal 21:23 dan Amsal 10:19, (6) Kesabaran dan ketenangan adalah modal, dalam Amsal 16:32 dan Amsal 14:10, dan terakhir (7) Jangan ingin cepat kaya, dalam Amsal 10:22 dan Amsal 6:33.

Walaupun keberhasilan yang dibahas pada pembukaan sabat ini bukanlah keberhasilan secara duniawi, untuk mendapatkan jabatan, pendidikan tinggi ataupun kekayaan. Nasehat dari alkitab ini, bila kita melakukannya, tentu akan membawa keberhasilan bukan saja kepada kerohanian kita, tetapi juga dalam kehidupan sosial kita. Puji Tuhan atas renungan yang sangat baik pada malam Sabat itu! Biarlah kita diberkati menjadi orang-orang yang berhasil. Usai kebaktian, kita membuat lingkaran di halaman gereja dan mengucapkan “Selamat Sabat ! Tuhan memberkati !”.