Thursday, February 03, 2011

10 Hari Doa Bersama Anak - Roh Suka Akan Perbaktian

Hari Rabu, 2 Februari 2011, Jemaat Kemang Pratama memasuki hari ke empat program Doa Bersama 10 hari. Dimulai tepat pukul 20:00, Pendeta Sonny Kapitan menyampaikan firman Tuhan yang mengajak kita untuk memiliki perbaktian yang penuh dalam kehidupan kita, yang menjadi fokus doa pada malam ini. Usai firman selama 10 menit, kita berbagi dalam kelompok. Di dalam kelompok doa anak-anak ada 11 orang anak-anak yang hadir. Malam ini terasa berbeda karena ada tamu yang hadir yaitu putri dari Pdt. Arbeni Sagala, Direktur Komunikasi Konfrens DKI Jakarta dan sekitarnya. Seperti malam yang lalu doa terbagi atas 4 tahapan. Tiap tahapan doa ini dilakukan oleh anak-anak secara bergantian dengan tekun dan tenang. Untuk tahap pertama mengenai pujian kepada Tuhan, setiap anak menyampaikan pujian sesuai dengan kemampuan berbicara mereka. Ada yang berdoa memuji Tuhan karena memberikan hujan sehingga semua tanaman bisa bertumbuh dengan baik. Ada juga yang berdoa berterimakasih karena Tuhan memberikan bintang-bintang di langit. Anak yang lain memuji Tuhan karena bumi yang Tuhan sudah berikan. Kami penuh sukacita menyaksikan anak-anak mengangkat pujian kepada Tuhan melalui doa.

Tahap kedua adalah berdoa untuk mengaku kesalahan dan dosa. Anak-anak berdoa memohon kalau ada dosa yang besar dan kecil agar Tuhan memaafkan. Juga jika ada kesalahan kepada orang tua atau teman yang sengaja atau tidak disengaja kini sudah diakui dan memohon agar Tuhan mengampuni kesalahan ini. Sementara dalam fase ketiga yaitu berterimakasih dan mengucap syukur karena kebaikan Tuhan , anak-anak kita mengucap terimakasih kepada Tuhan karena sudah memiliki orang tua yang baik. Mereka berterima kasih karena sudah pulang dari sekolah dengan selamat, itu semua karena Tuhan jaga. Dan di dalam doa terakhir yang berisi permohonan agar diberikan Roh Kudus untuk menuntun mereka dalam perbaktian yang sungguh-sungguh kepada Tuhan. Selain itu, ada permohonan lain yang beragam antara satu anak dengan yang lain. Ada yang ingin diberikan kepintaran, kebaikan dan penurutan. Ada juga yang berdoa agar diberikan kesehatan supaya bisa tetap datang lagi besok untuk berdoa bersama dengan teman-teman. Khusus untuk tema inti yaitu perbaktian yang sungguh-sungguh, anak-anak memohon agar bisa menjadi anak yang rajin datang ke gereja dan tidak mau ribut di dalam gereja. Demikianlah isi permohonan yang tulus dari anak-anak.


Acara ditutup dengan lagu “Dengar Ya Tuhan”. Malam ini Lagu spesial “He’s Able” dinyayikan oleh kwartet anak-anak diselingi dengan improvisasi yang terdengar manis membuat lagu He’s Able menjadi lebih istimewa. Sementara anak-anak yang lan menyumbangkan ayat hafalan. Puji Tuhan karena kuasanya anak-anak sudah belajar melatih diri mereka sehingga gemar untuk berbicara dengan Tuhan. Semoga apa yang sudah dilakukan saat ini menjadi dasar yang baik untuk iman dan percaya anak-anak yang sudah Tuhan percayakan kepada kita, orang tuanya.


Anak-anak…, sampai bertemu di hari ke-lima Doa Bersama, dengan tema memohon Roh Persatuan Dalam Jemaat. Pastikan kita hadir dan berkumpul di rumah Tuhan, karena banyak berkat yang Tuhan sediakan buat kita.

Tuhan memberkati kita semua !


-Butterfly -