Monday, February 14, 2011

Pelayanan Perorangan

Pelayanan Perorangan pada sabat pagi 12 Feb 2011 ini dibawakan oleh bapak Sontani Purnama. Kita bersyukur organisasi kita membuat sebuah program doa 777, dimana kita umat Umat Masehi Advent Hari Ke-TUJUH; selama TUJUH hari dalam satu minggu; berdoa setiap Pukul TUJUH (pagi atau malam) untuk mendoakan kecurahan Roh Kudus. Kita juga bersyukur, di jemaat kita ada beberapa program doa. Doa untuk satu keluarga selama satu bulan dalam program RT, Family Of the Month, program dari SS/PP yang mendoakan satu keluarga selama satu minggu, mendoakan target baptisan kita, mendoakan orang yang belum menerima Yesus, dan sebuah acara yang telah kita nikmati bersama, yaitu Doa Bersama 10 Hari. Hari-hari kita penuh dengan doa. Namun, ternyata mendoakan saja tidak cukup. Memang mendoakan orang itu perlu, namun kita perlu melakukan sesuatu untuk orang tersebut. Kita perlu menjadwalkan lawatan kita kepada orang-orang tersebut. Pada promosi Pelayanan Perorangan kali ini, bapak Sontani Purnama mengingatkan kembali tugas atau amanat yang diberikan Tuhan Yesus kepada kita. Kita, yang mengaku sebagai murid-murid Tuhan bertanggung jawab dalam memberitakan Kabar Baik yang pernah kita terima. Lukas 19:10, “Sebab Anak Manusia datang untuk mencari dan menyelamatkan yang hilang".

Sama seperti dalam sebuah perusahaan, dimana perusahaan tersebut mempunyai tenaga pemasaran yang mencari dan menawarkan produknya langsung kepada konsumen. Walaupun produk tersebut sudah dikenal, atau iklan produk tersebut ada dimana-mana, tetap saja tenaga pemasaran diperlukan untuk menjangkau orang-orang agar mau membeli produk perusahaan tersebut. Kita, sebagai agen-agen pemasaran asuransi surga, murid-murid Tuhan Yesus, juga harus menjangkau orang-orang yang belum pernah mengenal atau mungkin baru mendengar sedikit tentang kebar keselamatan. Kisah Para Rasul 1:8 mengatakan “Tetapi kamu akan menerima kuasa, kalau Roh Kudus turun ke atas kamu, dan kamu akan menjadi saksi-Ku di Yerusalem dan di seluruh Yudea dan Samaria dan sampai ke ujung bumi". Kita sudah memohon kecurahan Roh Kudus pada saat Doa Bersama 10 Hari. Kita sudah berdoa agar diberikan kuasa untuk mampu memberitakan injil. Dan yakinlah, Tuhan pasti akan memberikan kuasa itu, bilamana kita mau melakukannya.


Penginjilan dimulai dari yang terdekat dengan kita (Yerusalem), baru ke sekitar kita (Yudea), dan akhirnya menjangkau orang-orang lain (Samaria dan sampai ke ujung bumi). Adalah lebih mudah bagi kita untuk memulai penginjilan kepada orang yang kita kenal dekat, ketimbang orang yang belum kita kenal. Itulah sebabnya, Yesus menyuruh kita untuk memulai pekabaran itu dari Yerusalem. Kisah Para Rasul 23:11b mengatakan “"Kuatkanlah hatimu, sebab sebagaimana engkau dengan berani telah bersaksi tentang Aku di Yerusalem, demikian jugalah hendaknya engkau pergi bersaksi di Roma". Jadi, bilamana kita berani untuk mengabarkan injil kepada orang terdekat kita, maka kuasa yang sama akan Tuhan berikan, agar kita mampu memberitakan kebenaran kepada orang yang tidak kita kenal.

Mari Menginjil! Yesus Pasti Datang Segera!