Thursday, February 03, 2011

Doa Bersama Hari Ke-3 - Roh Kemenangan Atas Dosa

Walaupun lelah setelah melakukan berbagai aktifitas sehari-hari tetapi Jemaat Kemang Pratama tetap antusias dan semangat untuk hadir pada Doa Bersama 10 Hari. Pada hari yang ke-3, Selasa, 1 Februari 2011, dipimpin oleh bapak Viertin Tobing dan dimulai tepat pukul 20.00. Acara dimulai dengan mengundang Roh Suci dalam hati masing-masing agar dapat berjalan dengan baik, kemudian dilanjutkan dengan menyanyikan LS. No. 92 “ Buangkan Dunia Terima Yesus “. Doa buka dlayangkan oleh bapak Jeff Eman dan renungan Firman Tuhan dibawakan oleh Pdt. Sonny Kapitan.


“Syalom…”, dengan sukacita Pdt. Sonny Kapitan menyapa umat-umat Tuhan yang telah datang untuk bersama-sama menyatukan hati mendengarkan Firman Tuhan dan bersatu dalam Doa Besama di hari yang ke-3. Pdt. Sonny Kapitan mengingatkan kepada jemaat akan tema doa yang sudah dilakukan yaitu Roh yang mengampuni dan Roh untuk bertobat. Dan pada malam ini tema doa adalag Roh untuk kemenangan atas dosa.


Dosa adalah penyakit yang membelenggu dan merongrong manusia ciptaan Allah, karena pelanggaran terhadap perintah Allah yang telah dilakukan oleh manusia, seperti yang terdapat dalam 1 Yohannes 3 : 4, yaitu dosa adalah pelanggaran terhadap hukum Allah. Di dalam 1 Yohannes 1 : 9, menyatakan bahwa pengakuan merupakan prinsip menang atas dosa. Dan di dalam Amsal 28 : 13 berkata bahwa kemenangan atas dosa akan kita dapatkan apabila kita mengakui dosa, meminta ampun kepada Tuhan dan meninggalkan dosa lalu kita bertobat maka kita mendapatkan Roh untuk kemenangan atas dosa. Pada malam hari ini sebelum berdoa di kelompok masing-masing, Pdt. Sonny Kapitan mengingatkan kembali akan tema doa hari ke-tiga yaitu berdoa untuk umat-umat Tuhan Jemaat Kemang Pratama mendapatkan Roh untuk kemenangan atas dosa.


Pada hari ke-3 ini, ada 33 anggota jemaat yang hadir. Di kelompok 4, yang dipimpin oleh Pdt. Sonny Kapitan dengan sekretaris bapak Dharlen Simanjuntak, sebelum berdoa bertelut, kelompok menyanyikan satu ayat dari LS dan dilanjutkan dengan Doa Puji-pujian yang menyatakan tentang kasih-Nya, kebesaran-Nya, dan kebaikan-Nya. Kemudian dilanjutkan dengan menyanyi 1 ayat dari Lagu Sion. Sebelumnya bapak Dharlen Simanjuntak memberikan kesaksian mengenai pekerjaannya, lalu dilanjutkan dengan doa kembali. Doa kali ini menyatakan tentang segala dosa yang dilakukan yang menyakiti hati Tuhan. Lagu Sion. No. 34, “Ku Puji Tuhan” dinyanyikan, sebelum doa selanjutnya yang menyatakan tentang ucapan syukur dan terima kasih atas kasih Tuhan, penyertaan Tuhan, kebaikan Tuhan, dan bersyukur karena atas keselamatan yang diberikan Tuhan kepada umat-Nya. Dalam doa permohonan, kelompok ini mendoakan keluarga Munas Tambunan agar diberi ketabahan, keluarga Donny Ham, Jeremy Silitonga yang sedang sakit, Joel Silaban dan adiknya yang sedang sakit, Keluarga Malau yang berduka, Lala yang akan menghadapi ujian UAN, dan permohonan pribadi lainnya. Doa diakhiri dengan menyanyikan Lagu Sion No. 2 “Kepada Allah Bri Puji’ dan ‘Doa bapa Kami”.


Setelah semua kelompok menyelesaikan doanya, maka semua yang hadir membentuk lingkaran dan menyanyikan Lagu Sion No.184 “Tuhan Pimpin Spanjang Jalan”. Doa tutup dilayangkan oleh ketua bapak Jeff Eman. Sebelum saling bersalaman seluruh yang hadir saling berpegangan tangan dan mengucapkan, "Selamat malam! Halleluya! Tuhan memberkati! Amin.


Kiranya perbaktian ini menjadi berkat buat kita semua.


-mei-