Thursday, February 03, 2011

Doa Bersama Hari Ke-4 - Memiliki Kehidupan Yang Penuh Dengan Perbaktian

Puji Tuhan Karena Umat-umat Tuhan GMAHK Kemang Pratama sudah memasuki hari ke-4 dari Doa Bersama 10 Hari. Pada hari ini, Rabu, 2 Februari 2011, kasih Tuhan masih tetap menaungi umat-umat Tuhan yang telah setia hadir mengikuti Pekan Doa. Antusias Jemaat Kemang Pratama cukup tinggi untuk mendapatkan pembaharuan dalam kerohanian melalui Doa Bersama ini. Acara dimulai tepat pukul 20.00 dan dipimpin oleh ibu Debby Simanjuntak, yang terlebih dahulu meminta jemaat untuk berdoa dalam hati masing-masing. Untuk mengawali perbaktian, jemaat menyanyikan LS. No. 10 “Kami Datang Pada Mu” dan Doa pembukaan dilayangkan oleh bapak Willy Wuisan, Bendahara Jemaat.

Firman Tuhan malam ini kembali dibawakan oleh Pdt. Sonny Kapitan, Gembala jemaat Kemang Pratama. “Syalom …! Selamat malam …!”, sapa pembicara kepada umat Tuhan yang setia hadir sampai hari yang ke-4 ini, dengan senyum sukacita. Pdt. Sonny Kapitan memberikan nasihat yang terdapat dalam Ibrani 10:22-25, “umat- umat Tuhan hendaklah memiliki Roh penuh perbaktian yang dengan tulus dan iklas melakukannya dalam kehidupan sehari-hari, berpengang pada keyakinan iman yang teguh pada pengharapan, karena hati yang telah dibersihkan dari hati nurani yang jahat dan tubuh telah dibasuh dengan air yang murni. Dan marilah umat-umat Tuhan saling mendorong dalam memberi nasihat dan tidak menjauhi pertemuan-pertemuan ibadah. Dengan kata lain, umat Tuhan diminta untuk memiliki kehidupan yang penuh dalam perbaktian dalam segala aspek kehidupan, setiap saat, baik dalam waktu yang berbeda, keadaan berbeda dan tempat yang berbeda, dan dalam gaya kehidupan sehari-hari”. Pdt Sonny Kapitan juga menghimbau, “Marilah kita minta kuasa Roh Kudus untuk kita memilki Roh yang penuh perbaktian, apakah itu perbaktian secara pribadi, perbaktian secara keluarga dan perbaktian secara jemaat agar melalui perbaktian kita maka kita mendapatkan sukacita yang besar yang datangnya daripada Allah”.

Selanjutnya semua yang hadir membagi dalam 6 kelompok doa. Dan pada malam ini, jemaat Kemang Pratama kedatangan tamu yang istimewa yaitu Pendeta Samuel Simorangkir, Direktur Komunikasi Uni Indonesia Kawasan Barat dan Pendeta Arbeni Sagala, Direktur Komunikasi Konferens DKI Jakarta dan sekitarnya. Pendeta Samuel Simorangkir bergabung dengan kelompok 6. Sementara Pendeta Arbeni Sagala bergabung dengan kelompok 1. Diingatkan juga, dalam setiap doa dihimbau untuk menyertakan 4 hal, yaitu: penyembahan, pengakuan, ucapan syukur, dan doa permohonan. Di kelompok 3, yang dipimpin oleh bapak Munas Tambunan dengan sekretaris bapak Ramlan Sormin, sebelum berdoa bertelut maka kelompok menyanyikan satu ayat dari Lagu Sion dan dilanjutkan dengan doa puji-pujian yang menyatakan tentang kasihNya, kebesaranNya, dan kebaikanNya. Kemudian bapak Munas Tambunan, Ketua Jemaat Kemang Pratama memberikan kesaksian mengenai selalu bersyukur atas segala sesuatu, apakah itu baik atau buruk, senang atau susah dan dalam segala keadaan. Setelah itu, dilanjutkan dengan menyanyi satu ayat dari Lagu Sion dan dilayangkan doa pengakuan atas segala dosa yang dilakukan yang menyakiti hati Tuhan. Kembali, kelompok ini menyayikan sebuah lagu dari lagu sion untuk kemudian dilanjutkan dengan doa ucapan syukur dan terima kasih atas kasih Tuhan, penyertaan Tuhan, kebaikan Tuhan, dan atas keselamatan yang diberikan Tuhan kepada umatNya. Dalam doa permohonan, selain permohononan agar setiap umat dapat memiliki Roh yang penuh dengan perbaktian, kelompok ini juga melayangkan permohonan masing-masing pribadi dan meminta banyak hal kepada Tuhan. Diakhir doa, kelompok ini menyanyikan lagu “Kepada Allah Bri Puji”.

Setelah berdoa di kelompok masing-masing, semua yang hadir, termasuk anak-anak membentuk lingkaran kemudian menyanyikan satu ayat dari Lagu Sion. Doa ditutup oleh Pdt. Samuel Simorangkir dan Pdt. Arbeni Sagala. Setelah itu, sambil berpegangan tangan, semua yang hadir mengucapkan "Selamat malam! Halleluya! Tuhan memberkati! Amin!"

Sampai berjumpa besok malam pada jam yang sama. Semoga kita merasakan berkat yang limpah.

-mei-