Wednesday, February 23, 2011

Berdoa Sangatlah Penting

Acara Vesper dimulai tepat jam 19.30. Pembawa Acara ibu Mey Kapitan mengundang semua jemaat untuk menyanyikan lagu sion nomor 183 “ Inilah Jam Ku Berdoa “ sebagai lagu pembukaan. Doa Buka oleh ibu Yunita Wuisan. Lagu special dibawakan oleh bapak-bapak Kemang Pratama dengan judul “Angkat Nafiri ” . Dan Firman Tuhan dibawakan oleh ibu Meiske Tampubolon.

Firman Tuhan malam ini berjudul “Berdoa Sangatlah Penting” menekankan bahwa, Berdoa sangatlah penting dan sangat dibutuhkan bagi umat umat Tuhan sekarang ini. Doa merupakan perintah Allah kepada umatNya. I Tesalonika 5 : 17 menyatakan ‘Tetaplah Berdoa, Filipi 4 : 6, menyatakan kita untuk menyatakan keinginan kita kepada Tuhan dalam doa , Efesus 6 : 18 , senantiasa memohon kepada Tuhan tanpa berkeputusan.. dan didalam Matius 7 : 7-9 menyatakan ada suatu janji yang pasti dari Tuhan bahwa bila kita meminta kepadaNya maka Ia akan mencukupi keperluan kita asalkan kita setia. Beliau mengingatkan bahwa doa adalah merupakan komunikasi kita dengan Tuhan, dan merupakan napas kehidupan bagi orang Kristen atau umat - umat Tuhan. Apabila kita berdoa maka kita akan dapat mengatasi pergumulan kehidupan kita dan Tuhan akan menolong. Sebuah ilistrasi yang diberikan mengenai doa yaitu, ‘adalah seorang bapak yang terkena stroke yang sudah sangat parah yang dapat membuat bapak tersebut meninggal. Bapak ini adalah seorang pengusaha yang memiliki 2000 orang karyawan. Namun penyakit berbahaya ini mengenai dirinya. Selama 7 malam dia berada di rumah sakit. Pada suatu malam dia berdoa kepada Tuhan agar dapat diberikan kesehatan dan umur yang panjang. Seorang malaikat Tuhan datang dalam mimpinya yang mengatakan bahwa jika sudah ada 50 orang yang berdoa bagimu, maka engkau akan sembuh jika tidak sejumlah itu maka engkau akan mati. Bapak ini menjawab ‘ itu sih gampang, saya kan punya 2000 karyawan pasti saya akan sembuh karena mereka pasti mendoakan saya’ kata bapak kepada malaikat. Dan singkat cerita bapak ini sembuh. Malaikat kembali datang dalam mimpinya dia menunjukkan kepada bapak ini bahwa yang berdoa untuknya yaitu istrinya dan 2 orang anaknya. Istrinya berdoa demikian ‘ Tuhan jangan biarkan suami hamba meninggal karena hamba tidak dapat membiayai anak-anak hamba’ dan juga anak-anak panti asuhan yang berdoa untuknya karena dia sudah memberikan sumbangan di bulan yang lalu. Sedangkan karyawan yang 2000 orang tidak, mereka bahkan mensyukuri sakitnya dan mengharapkan dia meninggal, karena dia adalah bos yang arogan, kasar dan tidak baik terhadap karyawan. Dan ketika bapak ini menyadari kesalahannya diapun menyesal dan ingin bertobat. Kesimpulan yang diberikan malam ini yaitu, sebagai umat Tuhan hendaklah senantiasa kita berdoa, bukan untuk diri kita sendiri tetapi kepada orang lain juga seperti dalam Alkitab Yakobus 5 : 15, 16, menyatakan bahwa doa kita akan berkhasiat kepada orang lain. Amin

Untuk meng-aminkan Firman Tuhan jemaat menyanyikan pujian dan doa penutup oleh ibu Meiske Tampuboln. Acara Vesper diakhiri dengan membentuk lingkaran di luar gereja sambil berpegangan tangan dengan mengucapkan yel-yel….. Selamat Sabat 3x… Tuhan Memberkati. ..Halleluya.. Amin sampai ketemu esok Sabat.

-Mei-