Wednesday, February 16, 2011

Revival & Reformation

Ayat Bersahutan pada perbaktian Khotbah, Sabat 12 Februari 2011, ini diambil dari kitab I Korintus 13 : 4 - 7, dan dibacakan secara bergantian oleh bapak Munas Tambunan dan jemaat. Kemudian Saudara Robert Rihi Hina sebagai pemimpin pujian mengundang jemaat untuk menyanyikan lagu sion nomor 287, “Apa Kita Hidup Dekat Yesus ”. Doa syafaat dilayangkan oleh bapak Chandra Parangin-angin, dan dilanjutkan bacaan persembahan oleh bapak Karman dengan respon jemaat melalui memberikan persembahan. Doa persembahan dilayangkan oleh bapak Karman.

Sebelum masuk pada pekabaran khotbah, terlebih dahulu bapak Wilson Tobing menyanyikan lagu pujian untuk Tuhan. Setelah itu, semua anak-anak diundang untuk ke depan, untuk mendengarkan cerita anak yang dibawakan oleh Debby Havelaar dengan inti cerita mengenai Naaman ( I Timotius 4 : 12).

Firman Tuhan disampaikan oleh Pdt Jimmy Havelaar yang merupakan Direktur Kesehatan Uni Indonesia Kawasan Barat dengan mengambil ayat inti dari Yohannes 15 : 5 "Akulah pokok anggur. Life is not measured by the number of breaths we take, but by the moments that take our breath away. Judul Firman Tuhan yang dibawakan berjudul Revival & Reformation (ada kebangunan dan pembaharuan dan yang melebihi itu) dan hal yang ditekankan oleh beliau, yaitu ada tiga panggilan kepada umat Tuhan.
  1. Kita dipanggil untuk meneladani kehidupan saleh seperti Yesus Kristus yang ayatnya terdapat di I Petrus 2 : 21,
  2. Kita diharapkan bertumbuh semakin saleh sama seperti Yesus Kristus yang ayatnya terdapat dalam Efesus 4 : 15…bertumbuh dalam segala hal… kita harus maju kepada kesempurnaan, bertambah tambah dalam memantulkan terang Yesus Kristus,
  3. Kita mampu bertumbuh semakin hidup saleh seperti Yesus karena Ia sendiri yang akan memampukan kita yang ayatnya terdapat dalam Yudas 1 : 24 “janji Tuhan akan menuntun dan mempersiapkan kita”, Ibrani 12 : 24.
Beliau mengingatkan bahwa “kitalah yang membentuk tabiat itu, apabila kita bergantung kepada Yesus Kristus maka kita dapat membuat suatu kebangunan rohani dan pembaharuan kerohanian di dalam kehidupan kita seperti ayat yang mengatakan ‘di luar Aku kamu tidak dapat berbuat apa-apa”. Amin.

Mengakhiri kebaktian khotbah, jemaat diundang untuk menyanyikan Lagu Sion nomor 290 “Aku Klak Pandang Raja Di surga”, kemudian Pdt. Jimmy Havelaar melayangkan doa berkat sekaligus doa penutup.

Selesai acara Kebaktian, semua anggota jemaat dan para tamu mengikuti acara Potluck (Makan bersama). Para ibu-ibu jemaat Kemang Pratama dengan Sukacita melayani para anggota jemaat dan tamu-tamu.

-Mei-