Friday, February 11, 2011

Bible Quiz & Perpisahan PS Sumenahem Sibarani

Jam menunjukan pukul 16.30 wib. Ini menandakan, tiba waktunya acara PA di Kemang Pratama akan dimulai, Adik remaja pathfinder dan adventurer, pemuda, dan orang tua sudah berada dalam gereja. Acara PA dibuka dengan lagu-lagu yang dipimpin oleh adik-adik kita Velan dan Kimberly dan dibuka dengan doa oleh adik kita Josua Simanjuntak.

Untuk menambah semangat, keceriaan dan kebersamaan, sebelum ke acara "Bible Quiz for All" yang akan dibawakan oleh kak Jamesson dan kak Lenny, Bang Naim mengajak kita untuk menyanyikan lagu Energizer. Semua yang hadir merasa gembira. Dan tentunya, ini adalah obat yang manjur seperti tertulis dalam Alkitab.

Bible quiz for All
ini bertujuan untuk mencari tahu sejauh mana kita, anak- anak, orang muda dan orang tua Kemang Pratama mengetahui apa yang terdapat dalam alkitab. Dalam babak pertama banyak peserta yang gugur. "wah, ... Apa soal-soalnya yang susah, atau jawabannya ya?". Hanya tertinggal beberapa orang saja.

Sebelum lanjut ke babak dua, acara diselingi kembali dengan lagu Energizer yang dipimpin oleh kak Adriel dan Felisya mengiringi dengan piano. Babak kedua dimulai dan yang memenangkan Bible Quiz for All ini adalah kak Didin. Terpancar senyum kegembiraan di wajah kak Didin. Ketika diwawancarai, "Apa yang menjadi kia-kiat kak Didin untuk bisa menang?". "Kebetulan, saya suka membaca Alkitab", jawab kak Didin.

Sabat Sore ini juga merupakan acara yang special karena PA Kemang Pratama mengadakan acara perpisahan untuk Pdtm. Sumenahem Sibarani, yang akrab dipanggil Bang Naim. Ternyata bang Naim mendapatkan tugas yang baru untuk melayani jemaat Parung, Depok. Veber Sormin mewakilii anak-anak memberikan kata perpisahan: "Jangan lupa main ke Kemang Pratama lagi, ya bang. Biar kita bisa main futsal bareng lagi". Sementara, kak Adriel yang mewakili orang muda menyampaikan: "Ini bukanlah acara dimana kita akan berpisah, tetapi dimana nantinya kita akan bertemu kembali...". Pak Jeff Eman, ketua yang membidangi PA, yang mewakili orangtua dan jemaat Kemang Pratama menyampaikan : "Kalau Tuhan mengkehendaki, mungkin 8 tahun lagi Pdtm. Sumenahem akan kembali melayani jemaat Kemang Pratama". Pdtm. Sumenahem mengaminkan dengan wajah sukacita.

Kini tiba waktunya, kita mendengarkan kata-kata perpisahan dari Bang Naim. Tampak wajah yang mengharukan, dengan menahan nafas, kesedihan terlihat di wajah Pdtm. Sumenahem. Tak ada kata yang bisa diucapkan. Hanya perkataan: "Kalau ada kesalahan, mohon dimaafkan". Ternyata Pdtm. Sumenahem hampir meneteskan air mata. Om Willy Wuisan dan Om Munas Tambunan mewakili untuk memberikan kenang-kenangan dan ucapan tanda kasih. "Selamat menjalankan tugas yang baru. Dan kalau ada waktu, jangan lupa berkunjung ke gereja Kemang Pratama. Itu akan menjadi harapan kita bersama".

Diakhir aacara, kita mendengarkan renungan tutup sabat yang dibawakan oleh bang Robert Rihi Hina. Renungan diambil dari Yakobus 3 : 4 "Setiap manusia memiliki Lidah yang kecil, dapat mengeluarkan kata - kata yang baik atau tidak baik,bisa berdampak positif atau negatif bagi sekeliling kita dan diri sendiri, bahkan bisa menuntun kehidupan kita ke arah yang lebih baik atau sebaliknya". Doa penutup dibawakan oleh Pdt. Sonny Kapitan yang sekaligus mendoakan pelayanan Pdtm. Sumenahem di tempat yang baru.

Ingin tahu apa acara Sabat depan?
Pastikan kita semua hadir, dan membawa serta anak-anak kita, dan semua anggota keluarga untuk berpartisipasi dalam acara yang akan dibawakan oleh Kak Feronica.
Penasaran dan ingin tahu seperti apa serunya acara PA minggu depan?
Pokoknya, jam setengah lima sore, anda harus sudah sampai di gereja Kemang Pratama.

Kasih Tuhan selalu beserta kita.

Nat Nut