Tuesday, February 08, 2011

Doa Bersama Hari ke-9 - Mendoakan Keluarga Dan Sahabat Untuk Kembali Dalam Persekutuan Umat Tuhan

Hujan yang turun, tidak mengurangi minat anggota jemaat untuk hadir dalam Doa Bersama 10 Hari. Sampai dengan hari ini, Senin, 7 Februari 2011, jemaat Kemang Pratama sudah melaksanakan Doa Bersama selama 9 hari. Tepat jam 20:00, bapak Erhart Tobing, selaku Song Leader, mengundang jemaat untuk menyanyikan lagu pembukaan. Lagu Sion nomor 7, "Perhubungan Kita", dinyanyikan dan dan dilanjutkan dengan doa pembukaan oleh Prayer Leader, bapak Viertin Tobing.

Pada malam ini, tema Doa Bersama 10 Hari adalah Berdoa untuk keluarga dan sahabat untuk kembali Dalam Persekutuan Umat Tuhan. Pdt. Sonny Kapitan memulai renungannya dengan mengucapkan "syaloom". 1 Korintus 1:4-9 Aku senantiasa mengucap syukur kepada Allahku karena kamu atas kasih karunia Allah yang dianugerahkan-Nya kepada kamu dalam Kristus Yesus. Sebab di dalam Dia kamu telah menjadi kaya dalam segala hal: dalam segala macam perkataan dan segala macam pengetahuan, sesuai dengan kesaksian tentang Kristus, yang telah diteguhkan di antara kamu. Demikianlah kamu tidak kekurangan dalam suatu karuniapun sementara kamu menantikan penyataan Tuhan kita Yesus Kristus. Ia juga akan meneguhkan kamu sampai kepada kesudahannya, sehingga kamu tak bercacat pada hari Tuhan kita Yesus Kristus. Allah, yang memanggil kamu kepada persekutuan dengan Anak-Nya Yesus Kristus, Tuhan kita, adalah setia. Allah memanggil semua anak-anak-Nya dalam persekutuan dengan Yesus Kristus. Namun, ada juga orang-orang lain, sahabat-sahabat, dan saudara-saudara kita, yang sebenarnya sudah mengenal Yesus, namun meninggalkan persekutuan dengan Yesus. Kita diberikan kesempatan oleh Allah untuk menjangkau mereka yang telah meninggalkan kebenaran dan perskutuan ini. Konferens DKI Jakarta dan sekitarnya, menargetkan 500 orang dapat kembali dalam persekutuan umat Tuhan. Marilah kita turut berpartisipasi mengajak sahabat dan saudara kita, yang hilang atau yang telah meninggalkan kebenaran, untuk kembali ke dalam persekutuan Tuhan. Amsal 17:17, Seorang sahabat menaruh kasih setiap waktu, dan menjadi seorang saudara dalam kesukaran.

Usai renungan, semua yang hadir berkumpul di kelompoknya masing-masing. Di Jemaat Kemang Pratama, selain kelompak anak-anak, ada 6 kelompok doa yang masing-masingnya diketuai oleh seorang seorang pemimpin dan seorang sekretaris. Jumlah yang hadir pada malam ini sebanyak sejumlah 24 orang, belum termasuk anak-anak. Di kelompok 2, yang kepimpin oleh bapak David Tampubolon dengan sekretaris bapak Erhart Tobing menempati posisi di bagian depan gereja, dekat keyboard. Selain pemimpin dan skretaris, yang hadir di kelompok ini adalah bapak Karman, ibu Linda Karman, ibu Meiske Tampubolon, dan ibu Lies Purnama. Selain tema doa malam ini, yaitu mendoakan keluarga dan sahabat agar kembali dalam persekutuan umat Tuhan, ada beberapa topik doa lain yang disampaikan. Selain itu, ada juga permohonan akan kesehatan orang tua bapak Erhart Tobing, Meiwan, Gilbert Sinaga, Sudianto Suhardjo, dan John Tobing. Juga didoakan persatuan jemaat, Family Of the Month – kel. Donny Ham, dan pertumbuhan anak-anak. Di dalam berdoa, ada 4 hal yang dilakukan yaitu menyampaikan puji-pujian, pengakuan dosa, ucapan syukur, dan permohonan. Diawali dengan lagu “Ku Perlu Pada-Mu”, doa pujian dilayangkan secara bergantian. Kemudian sebuah lagu kembali dinyanyikan. Usai lagu “Jadilah Tuhan, Kehendak-Mu”, doa pengakuan dosa atau pengampunan dilayangkan. Setelah itu, lagu “Aku Dengar Yesus Panggil” dinyanyikan, kemudian disambut dengan doa ucapan syukur. Terakhir, lagu “Ajaiblah Yesus, Juruslamatku” dinyanyikan untuk mengantarkan doa permohonan. Usai doa permohonan, kelompok ini menyanyikan lagu “Kepada Allah, Bri Puji”.

Setelah semua kelompok menyelesaikan doa, semua yang hadir, termasuk anak-anak membentuk lingkaran dan berdoa yang dipimpin oleh bapak Erhart Tobing. "Selamat malam, selamat malam, selamat malam. Tuhan Membekati. Haleluya. Amin.

- aster ungu -